Kamis, 01 Januari 2015

Sarung Tangan Medis (medical gloves)

Untuk sampel dan pemesanan, email ke : blossom.gloves@gmail.com (Jakarta Pusat)

Sarung tangan karet, umumnya digunakan oleh tenaga medis. Digunakan dengan tujuan untuk mencegah pertukaran partikel-partikel dari si pemakai ke obyek yang disentuhnya, atau sebaliknya. Sarung tangan karet berbahan elastis dan tipis agar nyaman digunakan.
Penggunaan sarung tangan karet juga diterapkan pada pekerjaan laboratorium kesehatan, obat-obatan, laboratorium pupuk, industri garment, dan lingkup pekerjaan lain yang berkaitan dengan hal-hal bio hazard serta bahan/cairan yang dimungkinkan berpengaruh kurang baik bagi kebersihan dan kesehatan kulit tangan manusia.
Secara umum, sarung tangan karet di Indonesia (untuk kegunaan di atas) terbagi dalam 3 kategori berdasarkan bahan dasarnya yaitu : Vynil, Latex, dan Nitrile. Penggunaannya sangat disarankan hanya satu kali pakai saja.

A.  Glove berbahan dasar Vynil
Sarung tangan vinyl terbuat dari bahan sintesis non-biodegradable, polyvinyl klorida dan plasticizer (plastik PVC). Sarung tangan vinyl adalah salah satu sarung tangan yang berbahan murah untuk penanganan bahan kimia dan bahan yang tidak berbahaya lainnya.
Kekurangan untuk sarung tangan vinyl adalah perlindungan yang sangat minim terhadap bahan kimia berbahaya dan mikro-organisme. Sarung tangan vinyl ini agak longgar, dan kurang nyaman sehingga tidak dapat pas digunakan juga tidak dapat membentuk tangan terlebih lagi sarung tangan ini juga kurang elastis dan mudah sobek bila dibandingkan dengan latex dan nitrile. Sarung tangan ini biasanya berwarna putih transparan.




B. Glove berbahan dasar Latex
Sarung tangan latex terbuat dari karet alam yang berasal dari pohon karet. Sampai saat ini latex masih tetap yang paling elastis, sarung tangan latex ini juga pas dan dapat membentuk tangan.
Kekurangan sarung tangan latex ini adalah ada beberapa orang yang alergi terhadap karet alam, jadi tidak semua orang bisa tahan. Alergi juga bisa disebabkan oleh penggunaan sarung tangan latex yang dipakai terus menerus. Ketahanan sarung tangan latex terhadap bahan kimia dan objek tajam masih kurang bila dibandingkan dengan nitrile. Sarung tangan ini berjenis powdered yaitu di dalamnya sudah ada bubuk seperti bedak yang biasanya beraroma mint.



C. Glove berbahan dasar Nitrile
Nitrile merupakan synthetic polymer yang memiliki banyak karakteristik latex karet alam. Keuntungan utama adalah bahwa nitrile bebas dari protein latex (latex free), sehingga tidak menimbulkan alergi. Sarung tangan nitrile tahan terhadap bahan kimia dan biohazard dibandingkan dengan latex, 3x lebih tahan terhadap objek tajam (tidak mudah sobek) dibandingkan dengan latex alami. Sarung tangan nitrile lebih elastis dibandingkan dengan vinyl. Dikarenakan terbuat dari bahan sintesis, nitrile memiliki daya tahan simpan yang lebih lama daripada karet alam. Relatif lebih tahan panas dibanding latex dan vynil.  Kekurangan pada sarung tangan nitrile adalah tidak biodegradable (tidak mudah terurai).
Berbeda dengan latex, sarung tangan nitrile powder free. Yaitu di dalam sarung tangan tidak ada bubuk seperti bedak. Powder Free ( Tidak menggunakan tepung) , sehingga mengurangi kontaminasi powder terhadap objek pekerjaan dan lingkungan kerja.
Sarung tangan textured biasa digunakan untuk laboratorium karena lebih kesat/tidak licin sehingga untuk memegang tabung yang permukaannya halus dan bahan kimia lainnya lebih aman. Sedangkan untuk perawat, dokter, bidan biasanya menggunakan yang lebih tipis, supaya bisa merasakan denyut nadi.

Untuk sampel dan pemesanan, email ke : blossom.gloves@gmail.com (Jakarta Pusat)
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar